Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern

Posted by : Syahyuni, S.Kom

Visitasi Penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi oleh Tim Asesor BAN-PT

Pada tanggal 17 Oktober 2022 bertempat di Kampus Akademik STAI Al-Falah Banjarbaru, menerima kunjungan Tim Asesor BAN-PT dalam rangka melakukan klarifikasi dan penilaian ulang terhadap hasil penilaian Laporan Akreditasi Perguruan Tinggi yang telah dikirim sebelumnya.

Beberapa hal yang masuk dalam penilaian akreditasi meliputi: kurikulum dari setiap program pendidikan, jumlah tenaga pendidik, keadaan mahasiswa, koordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk persiapan sarana dan prasarana, kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan sistem informasi dari perguruan tinggi.

Kedatangan TIM Asesor BAN-PT disambut langsung oleh wakil dari Yayasan Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru sekaligus sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (Dr. H. Fauzan, S.Ag, M.Pd.), Ketua STAI Al-Falah Banjarbaru (Dr. H. Surawardi, M.Ag.), Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Wakil Ketua III, Ketua Jurusan dan Program Studi, Kepala Bagian, Kepala Unit Kerja, beserta seluruh civitas akademik kampus.

Delegasi Tim Asesor BAN-PT tersebut ialah :

  1. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag - Ilmu Al Qur`an Dan Tafsir - Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  2. Dr. Akhmad Rifai, M.Phil - Komunikasi dan Penyiaran Islam - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  3. Benny Prabowo selaku staf BAN-PT yang akan mendampingi asesor dalam seluruh kegiatan Asesmen Lapangan perguruan tinggi

Asesmen Lapangan adalah proses pelaksanaan penilaian akreditasi progam studi atau perguruan tinggi yang dilakukan oleh asesor dengan mengunjungi lokasi Perguruan Tinggi (face to face mode) dengan jadwal dan agenda kegiatan sesuai dengan ketentuan instrumen akreditasi yang digunakan.

Pada pembukaan buku naskah akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk:

  1. Mengkonfirmasi data dan informasi yang diajukan perguruan tinggi sebagai dasar dalam penilaian kriteria akreditasi perguruan tinggi.
  2. Menjamin bahwa proses akreditasi dilakukan secara independen, akurat, obyektif, transparan, akuntabel, ketidakberpihakan, kredibel, menyeluruh, efektif, dan efisien (PerBan-PT Nomor 2 Tahun 2017)

Asesor akan melakukan Klarifikasi Data, yang terdiri dari; Laporan Kinerja, Evaluasi Diri, dan data pendukung. Sesuai matriks penilaian BANPT (9 Kriteria).

 

JADWAL ASESMEN LAPANGAN

STAI AL-FALAH BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN

Senin – Rabu, 17 – 19 Oktober 2022

 

Hari Pertama  : Senin, 17 Oktober 2022

08.00 – 22.00     Agenda : Keberangkatan Tim Asesor dan Pendamping BAN PT; Persiapan Draft Awal Berita Acara; dan Peninjauan Lokasi/Kampus

Hari Kedua      : Selasa, 18 Oktober 2022

07.30-08.00     Agenda: Keberangkatan dari Penginapan menuju STAI Al-Falah Banjarbaru

08.00 – 08.45 Agenda: Pembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan.

08.45-10.00     Agenda: Sesi dengan pimpinan STAI Al-Falah Banjarbaru, konfirmasi terkait: rencana pengembangan Perguruan Tinggi, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian Institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan STAI Al-Falah Banjarbaru.

10.00-11.30     Agenda: Penetapan data LKPT final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif.

11.30- 12.00  Agenda: Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal.

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00-14.00    Agenda: Sesi dengan Tim Akreditasi. Konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED).

14.00 – 14.30 Agenda: Sesi dengan Midle Manajemen

14.30 – 15.00 Agenda: Sesi dengan Pemangku Kepentingan Eksternal (Alumni, Pengguna Lulusan dan Mitra)

15.00 – 15.30 Sesi dengan Pemangku Kepentingan Internal: Dosen dan Tendik  STAI Al-Falah Banjarbaru

15.30 - 16.00  Agenda: Sesi dengan mahasiswa. Konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa.

16.00 - 16.30   Agenda: Penyempurnaan Draft Berita Acara

16.30 – 17.00 Penyampaian feed back dan penandatanganan Berita Acara AL.

17.00 - 17.30  Agenda: Penyampaian pembinaan untuk pengembangan STAI Al-Falah Banjarbaru.

Hari Ketiga      : Rabu, 19 Oktober 2022

08.00 - 21.00     Agenda : Penyusunan Laporan Hasil Akeditasi (LHA) dan Kepulangan Tim Asesor dan Staf BAN PT (Makassar, Jogyakarta, dan Jakarta).

Alhamdulillah, STAI Al-Falah Banjarbaru sudah berusaha secara maksimal untuk menyiapkan validasi data melalui Sistem Informasi Akreditasi (SIAKSI). Melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh Unit Kerja Sistem Informasi Pangkalan Data dari institusi sendiri, semua dokumen terutama menyangkut Surat Keputusan dan bukti lain bisa ditunjukkan dengan lancar.

 

Adapun kesimpulan dari hasil asesmen lapangan ini, yang disampaikan oleh Tim Asesor melalui rekomendasi akhir adalah:

  • Harus ditingkatkan pelayanan akademik terhadap mahasiswa terutama untuk layanan yang bersifat online.
  • Diharapkan adanya penambahan program studi baru mengingat sekian lama institusi sudah berdiri (menuju perubahan menjadi institut)
  • Peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen.
  • Penambahan registrasi dosen tidak tetap disamping jumlah dosen tetap yang sudah memenuhi standar