Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern

Posted by : Yoni

Pemberdayaan Masyarakat Bidang Keagamaan Islam Desa Pembuang Hulu II Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah

Program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Tim dosen STAI Al Falah Banjarbaru merupakan wujud nyata dalam menerapkan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu: Pendidikan, Penelitian Ilmiah dan Pengabdian masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, bentuk nyata dari perwujudan pengabdian masyarakat yaitu pelaksanaan K2N. Bentuk pengabdian yang dilakukan menyesuaikan pada situasi dan kondisi ditengah pandemi yang mewabah. Karena adanya Covid-19 maka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) harus banyak menyesuaikan dengan protokol kesehatan, namun demikian tidak mengurangi semangat pengabdian Tim dosen STAI Al-Falah Banjarbaru. Kegiatan PkM sendiri dilaksanakan di Desa Pembuang Hulu II Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah.

Selama masa tugas Tim dosen telah banyak membantu masyarakat, aparat setempat dan pemerintah dalam mengadakan kelangsungan proses pembaharuan dan pembangunan daerah setempat dengan melihat sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di RT/RW. 007/002 Desa Pembuang Hulu II Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah khususnya. Mengemban misi dan amanat mahasiswa dituntut oleh masyarakat berdasarkan potensi dirinya. Selain itu kami menyadari sebagai penerus bangsa harus memiliki keterampilan dan berbagai macam disiplin ilmu, cakrawala wawasan yang luas dan pengalaman yang mendalam agar di masa mendatang dapat mengamati, memahami dan memberikan solusi terhadap berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat.

Berpedoman pada panduan petunjuk teknis pengabdian masyarakat tahun 2018, LP2M STAI Al-Falah Banjarbaru merekomendasikan wilayah sasaran berada pada desa dan kelurahan di wilayah kabupaten atau pemerintah kota Banjarbaru Provinsi atau daerah terdekat sebagai sasaran kegiatan pengabdian. Sehingga wilayah sasaran yang ditetapkan pada penulisan laporan pengabdian masyarakat ini adalah di Desa Pembuang Hulu II Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah.